Tata Cara Tayammum Yang Baik dan Benar

Tata Cara Tayammum - Pengertian dan definisi tayammum secara bahasa berarti Al Qosdu (القَصْدُ) yang berarti bermaksud atau bertujuan atau memilih sedangkan secara syari'at berarti menyampaikan debu kewajah dan tangan dengan syarat syarat khusus.  tata cara tayamum adalah dengan mengusap muka dan kedua belah tangan dengan debu yang suci.

Tayammum digunakan untuk bersuci sebagai pengganti wudhu (baca : tata cara wudhu). tayammum diperkenankan pada saat tidak terdapat air didaerah tersebut. jika air masih tersedia maka tetap diwajibkan berwudhu. tayammum untuk menghilangkan hadast hanya bersifat sementara dan digunakan pada saat keadaan darurat saja hingga air sudah tersedia. terdapat banyak hikmah dalam tayammum yaitu Allah SWT tidak mempersulit hambanya dalam bersuci dan untuk melaksanakan shalat. tayammum disyari’atkan dalam islam berdasarkan dalil al-Qur’an dan sunnah . . .

Tata Cara Tayammum Yang Baik dan Benar
 

Adapun dalil dari Al Qur’an tentang tayammum adalah  



وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِ


“Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau berhubungan badan dengan perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan permukaan bumi yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu”. (Qs. Al Maidah: 6).

Adapun dalil dari hadist Rasulullah SAW Tentang Tayammum adalah




الصَّعِيدُ الطَيِّبُ وضُوءُ المُسلِمِ وَإِن لَم يَجِد المَاءَ عَشرَ سِنِين

“Tanah yang suci adalah wudhunya muslim, meskipun tidak menjumpai air sepuluh tahun”.(Abu Daud 332, Turmudzi 124 dan dishahihkan al-Albani)


Banyak sekali tata cara dalam bertayammum yang wajib diketahui dan dipelajari, ini akan sangat berguna ketika anda kesulitan dalam menemukan air sedangkan anda ignin menghilangkan hadast kecil untuk melaksanakan sholat misalnya. ilmu fiqih tentang cara tayammum mencakup sebab sebab diperbolehkannya tayammum, syarat syarat tayammum, fardhu/rukun tayammum dan bacaan niat tayammum berdasarkan ajaran Rasullullah SAW. untuk lebih lengkapnya silakan anda klik link tautan dibawah ini . . .

Tata Cara Tayammum Yang Baik dan Benar :


Nah, itu tadi sekilas ilmu fiqih yang membahas tentang cara tayammum yang baik dan benar sesuai aqidah ahlussunnah wal jamaah dan berdasarkan mazhab Imam Syafi'i. ilmu tentang penjelasan dan pelaksanaan tayamum seperti diatas hendaknya dipahami oleh setiap umat islam karena merupakan ilmu dasar dalam bersuci sebagai pengganti wudhu. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda semua tentang islam. wass. wr. wb.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

1 Reply so far - Add your comment

  1. Terimakasih informasinya sangat membantu :)
    s.id/5Fz

    BalasHapus

Artikel Pilihan