Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur Arab, Latin dan Artinya

Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur - Kali ini akan kami bagikan bacaan doa akan tidur dan saat bangun tidur lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Dengan begitu kita mengerti makna dan isi kandungan dari doa yang kita baca.

Kita sebagai seorang muslim memiliki tata cara sendiri sesuai yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. salah satu yang terpenting yaitu agar kita senantiasa selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada ALLAH SWT. kita di sunnahkan untuk membaca doa sebelum tidur, juga dianjurkan pula untuk membaca doa sesudah tidur. begitulah indahnya islam, segala aktifitas dan hal apapun yang akan dikerjakan selalu ada aturan dan doanya.

Berdoa sebelum tidur tentu saja memiliki banyak manfaat beberapa diantaranya adalah agar kita terlindungi dari godaan syetan dan selalu dijaga oleh ALLAH SWT sepanjang tidur kita.

Selain saat akan pergi tidur, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa yang akan dibaca saat kita bangun tidur. kedua doa tersebut tidaklah panjang dan sangat mudah dihafal. bahkan kami yakin anda semua sudah mengetahuinya karena sejak kecil lafadz doa sebelum tidur dan setelah bangun tidur ini selalu diajarkan oleh guru guru kita.

Baca juga : Doa iftitah

Terlepas dari itu, maksud saya disini hanya berbagi, karena terkadang ada saudara kita diluar sana yang mungkin belum tahu mengenai doa yang bagaimana yang harus dibaca saat akan tidur dan setelah bangun tidur. meski sebenarnya ada beberapa dzikir yang bisa dibaca sesuai ajaran Nabi, namun doa dibawah ini adalah yang paling dianjurkan.

Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur

Doa sebelum tidur ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diambil dari kitab Riyadhus Shalihin sebagai berikut :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ : بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ


Artinya : Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (Bukhari).

Melihat dalil hadist diatas, Langsung saja berikut ini teks bacaan doa sebelum tidur lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Doa Sebelum Tidur


بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ


Bismikallahumma ahya wa amutu

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Doa Sesudah Bangun Tidur


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Semoga doa sebelum tidur dan doa sesudah bangun tidur diatas bisa bermanfaat bagi anda sekalian. senantiasa bacalah doa tersebut ketika kita akan tidur dan saat bangun dari tidur karena apa yang diajarkan Rasulullah SAW pastilah baik bagi kita. wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel