Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah makan

Muslim Fiqih - Muslim terikat dengan aturan indah dan hukum hukum ALLAH SWT yang dibawa melalui Rasulullah SAW. setiap hal yang kita lakukan setiap harinya memiliki adab dan tata cara tersendiri termasuk makan sekalipun. kita biasanya makan 3 kali sehari, pernakah kita menerapkan apa saja yang menjadi anjuran Nabi Muhammad SAW saat makan.

Beberapa adab adab makan sendiri seperti membaca basmallah sebelum makan, makan menggunakan tangan kanan serta mengambil makanan yang terdekat. Nabi sendiri mengajarkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum kita makan agar makanan kita diberkahi oleh ALLAH SWT dengan harapan mampu menguatkan tubuh kita untuk bisa beribadah kepada ALLAH SWT.

baca juga : doa panjang umur

Doanya tidak panjang dan cukup singkat, bahkan anda semua pasti sudah banyak yang mengetahuinya karena doa ini sangat umum dan selalu diajarkan oleh orang tua dan guru kita saat masih kecil. langsung saja simak lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah makan versi tulisan arab dan latin lengkap beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia . . .

Doa Sebelum dan Sesudah makan

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah makan :

Doa Sebelum Makan Arab Latin dan Artinya



الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar

Artinya :

Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

Doa Sesudah Makan Arab Latin dan Terjemahnya



اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin

Artinya :

Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam

Meski doa mudah untuk dihafal, namun yang terpenting dari semua itu adalah proses penerapannya sehari hari. sehingga tidak untuk diketahui saja, namun juga diamalkan. karena salah satu faedah membaca doa sebelum makan ialah syetan tidak akan mampu ikut makan bersama makanan yang kita makan. semoga kita dijadikan orang yang selalu mengamalkan sunnah Nabimu. Amiin.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

Poskan Komentar

Artikel Pilihan