Bacaan Sholawat Nariyah dan Khasiatnya

Muslim Fiqih - Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, kita dianjurkan untuk senantiasa menperbanyak dalam bersholawat kepadanya. banyak sekali dalil baik Al-Qur'an maupun hadist Nabi yang membahas tentang pentingnya bersholawat. dengan bersholawat kepada Rasulullah SAW sekali, maka ALLAH SWT akan membalasnya 10 kali. sholawat dari ALLAH SWT berarti turunnya rahmat bagi kita. bahkan ALLAH SWT sendiri yang menganjurkan kita semua untuk bersholawat dengan didahului contoh bahwa ALLAH SWT juga bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. berikut firman ALLAH SWT . . .

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab : 56)

Teks bacaan sholawat sendiri bermacam macam, terdapat banyak sekali versi  kalimat shalawat yang kesemuanya memiliki tujuan yang sama yaitu bentuk penghormatan dan salam kita kepada Nabi besar Muhammad SAW. salah satu yang umum dan sudah sangat terkenal serta sering kita dengar adalah sholawat nariyah atau tafrijiyah yang akan muslim fiqih bahas kali ini.

baca juga : doa nisfu syaban

Setelah kita tahu tentang agungnya membaca sholawat, sudah seharusnya kita tidak meninggalkan amalan ini. anda bisa membaca sholawat dengan bacaan yang penndek seperti "allahummasholli ala Muhammad" atau bisa juga dengan membaca sholawat nariyah. untuk bacaannya, berikut teks sholawat nariyah lengkap dalam tulisan arab dan latin beserta arti/terjemahan bahasa indonesianya ...

Bacaan Sholawat Nariyah

Bacaan Sholawat Nariyah :

Shalawat Nariyah Versi Tulisan Arab



اَللهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامَّاعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ 

Shalawat Nariyah Teks Latin

"Allaahumma sholi sholaatan kaamilataw wa sallim salaaman. Taamman ‘alaa sayyidinaa Muhammadinilladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tan fariju bihil kurobu. Wa tuqdhoobihill hawaa iju wa tunaa lu bihirroghoo ibu, wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu biwaj hihil kariimi wa ‘alaa aalihii washosbihii fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’luu mi llaka, ya robbal ‘aalamiin"

Arti Bahasa Indonesia Shalawat Nariyah

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Khasiat dan Keutamaan Sholawat Nariyah

Sholawat nariyah memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa serta sudah diamalkan oleh umat islam dari dulu hingga sekarang khususnya kalangan ahlussunnah wal jamaah. berikut beberapa kegunaan dan keutamaan membaca shalawat nariyah . . .

1. Jika mendapat kesusahan karena kehilangan barang, hendaknya membaca sholawat ini sebanyak 4444 kali. Insya Allah barang yang hilang akan cepat kembali. Jika barang tersebut dicuri orang dan tidak dikembalikan, maka pencuri tersebut akan mengalami musibah dengan kehendak Allah swt.

2. Untuk melancarkan rezeki, memudahkan tercapainya hajat yang besar, menjauhkan dari gangguan jahat, baca sholawat ini sebanyak 444 kali, boleh dibaca sendiri atau berjamaah.

3. Untuk menghilangkan segala macam kesusahan, memudahkan pekerjaan, menerangkan hati, meluhurkan pangkat, memperbaiki budi pekerti, menghindarkan malapetaka dan perbuatan buruk, baca sholawat ini sebanyak 40 kali setiap hari.

4. Jika dibaca 21 kali setelah shalat maghrib dan subuh akan terjaga dari musibah dan malapetaka apapun.

5. Jika dibaca 11 kali setiap selesai sholat 5 waktu (Shalat Wajib) akan terjaga dari bala’ (kerusakan) lahir batin. Faedah dan manfaat membaca Sholawat kembali kepada yang membaca sendiri, keluarganya, masyarakat dan makhluk lain ikut merasakannya bacaan Sholawat tersebut.

Semoga bacaan sholawat nariyah diatas bermanfaat bagi kita semua dan bisa kita amalkan setiap harinya agar mendapat curahan rahmat dari ALLAH SWT serta dicintai oleh nabi kita Muhammad SAW. wallahu a'lam.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

Poskan Komentar

Artikel Pilihan