Profil Biografi Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf

Profil Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf - Kali ini akan dibahas tentang profil dan biografi lengkap Al Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf lengkap mulai dari biodata hingga perjalanan hidup singkatnya. Dengan begitu kita bisa lebih kenal dengan ulama pelantun sholawat/qasidah asal kota solo ini.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai profil Habib Syech Assegaf, seorang ulama asal solo yang terkenal dengan suara emasnya dalam melantunkan qasidah, beliau adalah Al Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. habib syech seniri lahir di kota solo pada tahun 1961 dan menghabiskan masa hidupnya hingga kini tetap tinggal di kota solo. Beliau merupakan salah satu putra dari 16 bersaudara, Al-Habib Abdulkadir bin Abdurrahman Assegaf.

Habib abdul qadir bin abdurrahman assegaf adalah ayah dan sekaligus guru utama habib syech dalam mempelajari berbagai disiplin ilmu agama.  ayahnya adalah seorang yang alim dan merupakan imam sholat di masjid assegaf, solo. selain berguru kepada ayahnya, habib syeh bin abdul qadir juga menimbah ilmu dari berbagai ulama lainnya diantaranya adalah Al Habib Anis bin Alwi Alhabsyi (imam masjid riyadh dan cucu dari pengarang maulid simtud duror) serta kepada paman beliau Alm. Habib Ahmad bin Abdurrahman Assegaf yang datang dari Hadramaout, yaman.

Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf

Biodata Habib Syech

Nama : Habib Syech Abdul Qodir Assegaf
Tempat Tanggal Lahir : Solo, 20 September 1961
Alamat : Jl.KH.Muzakir-Gg.Bengawan Solo VI No.12 Semanggi Kidul - Solo 57117

Setelah menempuh pendidikan dan belajar dari guru gurunya, habib syech pun mulai berdakwah mengajak masyarakat untuk cinta kepada Rasulullah SAW. awalnya majlis ta'lim habib syech hanya dihadiri oleh segelintir orang saja dan diadakan dari kampung ke kampung di wilayah sekitar solo. namun Waktu demi waktu berjalan mengiringi syiar cinta Rosulnya, tanpa disadari banyak umat yang tertarik dan mengikuti majelisnya, apa lagi suara lantunan qasidah habib syech sangat merdu dan menyejukkan hati. hingga saat ini telah puluhan ribu jama’ah yang tergabung dalam Ahbabul Musthofa. Mereka mengikuti dan mendalami tetang pentingnya Cinta kepada Rosul SAW dalam kehidupan ini.

baca juga : shalawat At Tajiyah

Ahbabul Musthofa (AM), sendiri dirikan pertama kali pada tahun 1998 silam di kota solo, berawal dari majelis Rotibul Haddad dan Burdah serta maulid Simthut Duror Habib Syech bin Abdulkadir Assegaf memulai langkahnya untuk mengajak ummat dan dirinya dalam membesarkan rasa cinta kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW . berikut ini jadwal rutinan majelis ahbabul mustofa di kota solo.

Jadwal Sholawat rutin Habib Syech

- Setiap hari Rabu Malam dan Sabtu Malam Ba’da Isyak di Kediaman Habib Syech bin Abdul qadir Assegaff.

Pengajian Rutin Selapanan Ahbabul Musthofa

– Purwodadi ( Malam Sabtu Kliwon ) di Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi.
– Kudus ( Malam Rabu Pahing ) di Halaman Masjid Agung Kudus.
– Jepara ( Malam Sabtu Legi ) di Halaman Masjid Agung Jepara .
– Sragen ( Malam Minggu Pahing ) di Masjid Assakinah, Puro Asri, Sragen.
– Jogja ( Malam Jum’at Pahing ) di Halaman PP. Minhajuttamyiz, Timoho, di belakang Kampus IAIN.
– Solo ( Malam Minggu Legi ) di Halaman Mesjid Agung Surakarta.

Namun Kini dakwah Sang Habib tidak hanya bisa dinikmati oleh segelintir penduduk kampung dan warga kota solo saja, Selain dari pada majelis majelis diatas, habib syech juga berkeliling ke berbagai daerah di indonesia dengan mengadakan panggung sholawat akbar. hampir setiap daerah dan kota di indonesia pernah didatangi oleh habib syech. semua dilakukan dengan cara yang lembut dan santun, sehingga masyarakat tertarik dan lebih rela menghadiri acara bersholawat dari pada menghadiri konser konser band yang tidak membawa manfaat di kehidupan akhirat.

Bahkan acara bershalawat bersama habib syeh ini biasanya dihadiri hingga ratusan ribu manusia yang kesemuanya berpakaian baju muslim lengkap dengan berbagai atribut bendera bertuliskan kalimat tauhid dan sholawat. acara tabligh akbar semacam ini biasanya diadakan di sebuah lapangan, alun alun atau balai kota, tak heran jika habib syech sangat populer dan dianggap sebagai salah satu pelantun sholawat terbaik saat ini. namanya pun sudah dikenal dunia dan dianggap  sebagai daĆ­ internasional. tokoh tokoh nasional mulai dari presiden, menteri , DPR hingga bupati dan walikota pun hadir di acara bersholawat bersama habib syech. bahkan hasil karya dan lantunan shalawatnya berupa single dan album sholawat bisa kita temui dengan mudah dalam bentuk CD/DVD serta tersebar di internet untuk kemudia bisa kita download.

Hampir semua judul qasidah bisa dan mampu dibawakan habib syech dengan indahnya. Selain mencipta sendiri, Habib Syekh juga membawakan (mempopulerkan) kembali qashidah lama yang dikemas sedemikian rupa iramanya sehingga barang “lama”(tradisional) itupun seakan menjadi “baru” dan lebih menggoda telinga (indah) untuk terus mendengarnya, dan yang menjadi ciri khasnya dalam bersholawat adalah cengkoknya dalam melantunkan shalawat, sehingga berbeda dengan para munsyid lainnya.

Berikut tadi sekilas mengenai profil biografi Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf lengkap. semoga sholawat sholawat karya beliau bisa menjadi inspirasi dan mendorong kita semakin cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW. wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Profil Biografi Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel