Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Arab Latin dan Terjemah

Muslim Fiqih - Sholawat adalah salah satu bentuk ibadah yang memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. bahkan sekali kita bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, ALLH SWT membalasnya dengan 10 kali sholawat yang berarti 10 rahmat dari ALLAH SWT. jenis dan macam sholawat pun bemacam macam mulai dari yang pendek hingga yang agak panjang. dan salah satu yang paling utama dan merupakan sholawat yang langsung diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah shalawat Ibrahimiyah.

Shalawat ibrahim ini telah disepakati oleh berbagai ulama sebagai shoawat paling afdhol dan paling utama, sholawat ibrahimiyah bahkan selalu kita baca dan ucapkan saat kita melaksanakan sholat wajib 5 waktu setiap harinya pada saat tasyahud akhir. banyak sekali khasiat dan fadhilah dibalik shalawat ibrahimiyah ini karena ini adalah paling agungnya sholawat.

Lafadz shalawat ibrahim ini diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqi dan sekelompok ahli hadits, seperti tersebut dalam syarah Dala’il al-Khairat.

Al-Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَالَ هَذِهِ الصَّلاَةَ شَهِدْتُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِالشَّهَادَةِ وَشَفَعْتُ لَهُ

“Barang siapa membaca shalawat ini, maka aku bersaksi untuknya di hari kiamat dengan sebuah persaksian dan memberinya syafaat”.

Hadits ini hasan, dan para perawinya adalah para perawi yang shahih.

Imam Nawawi berkata Bahwa Sholawat ini dinamakan sholawat Ibrahimiyah karena sholawat tersebut merupakan bentuk sholawat yang paling utama, banyak menimbulkan pengaruh yang besar sekali apabila dibaca setiap harinya secara istiqomah, terutama bagi yang mempunyai keinginan besar untuk menunaikan ibadah haji, maka perbanyaklah membaca sholawat ini secara istiqomah, karena sholawat ini diajarkan langsung oleh Rasuluuah SAW.

baca juga : doa Nabi Khidir AS

Langsung bagi yang belum tahu dan hafal, berikut ini lafadz bacaan sholawat ibrahimiyah dalam tulisan/teks arab dan latin lengkap beserta arti bahasa indonesianya . . .

sholawat ibrahimiyah

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Arab Latin dan Terjemah

Shalawat Ibrahimiyah Versi Arab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Sholawat Ibrahimiyah Tulisan Latin

ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIMA WA’ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAHIM WABAARIK ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA ’ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIMA WA ‘ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIM, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIID.

Arti Bahasa Indonesia Sholawat Ibrahimiyah

Ya Allah , berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Nb : Beberapa ulama berbeda pendapat mengenai pengebutan "sayyidina" pada sholawat ibrahimiyah tersebut terutama ketika dibaca saat sedang sholat. adapun menggunakan "sayyidina" atau tidak kedua duanya adalah benar dan diperbolehkan, tergantung kita memakai pendapat yang mana. adapaun mayoritas umat islam menggunakan "sayyidina" dalam membaca sholawat baik itu didalam maupun diluar sholat.

Semoga informasi tentang bacaan shalawat ibrahim ini manfaat dan medatangkan pahala bagi penulis maupun pembacanya. amiin. wallahu a'lam.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

Posting Komentar

Artikel Pilihan