Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Jumat

Fiqih Islam - Dihari jumat kita umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat jumat sebagai pengganti sholat duhur bagi yang laki laki. sebagaimana ibadah sholat fardhu lainnya, maka kita disunnahkan dan sangat dianjurkan untuk berdzikir, membaca wirid dan berdoa sesudah melakukan shalat jumat.

Manfaat berdoa dan berdzikir setelah sholat jumat ini sangat luar biasa, apalagi jumat adalah salah satu hari yang mulia dan istimewa dalam islam. sehingga insyaallah apa yang menjadi hajat hajat kita akan terkabul jika berdoa pada hari jumat. dan mengenai bacaan doa apa yang dibaca, maka pada artikel kali ini akan kita share doanya sesuai petunjuk para ulama salaf berdasarkan hadist hadits Nabi Muhammad SAW.

Wirid yang dibaca cukup mudah dan insyaallah semua umat islam sudah hafal bacaannya. langsung saja berikut ini amalan dzikir dan doa setelah shalat jumat dalam teks/tulisan arab dan latin lengkap beserta arti/terjemahan bahasa indonesianya . . .

sholat jumat

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Jumat :

Sebagaimana dikutip dari kitab Al-Adzkar An-Nawawi karya Imam Nawawi,


وروينا في كتاب ابن السني عن عائشة رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من قرأ بعد صلاة الجمعة : قل هو الله أحد ، وقل أعوذ برب الفلق ،وقل أعوذ برب الناس ، سبع مرات ، أعاذه الله عز وجل بها من السوء إلى الجمعة الأخرى 

Artinya :

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang membaca (setelah shalat Jum’at) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jum’at berikutnya.

Tata caranya adalah setelah selesai salam shalat Jumat dan sebelum mengubah posisi duduk kita dan sebelum bicara, maka langsung membaca surat Al Fatihah 7x, Surat Al-Ikhlas 7x, surat Al-Falaq 7x, surat An Nas 7x dan dilanjutkan dengan doa. . .


Membaca Surat Al Fatihah 7x


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 
الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم 
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ 
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ 
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ 
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ


Membaca Surat Al Ikhlas 7x



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 

قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

Membaca Surat Al Falaq 7x


قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ﴿١﴾ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ ﴿٢﴾ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ﴿٣﴾ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ ﴿٤﴾ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ ﴿٥


Membaca Surat An Nas 7x


قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ


Kemudian membaca doa berikut ini sebagai penutup :

Doa Sesudah Shalat Jumat Versi Arab



Doa Setelah Sholat Jumat


Doa Sesudah Shalat Jumat Teks Latin


ALLAAHUMMA YAA GHANIYYU YAA HAMIID YAA MUBDI'U YAA MU'IID, YAA RAHIIMU YAA WADUUD, AGHNINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIK. WA BITHAA'ATIKA 'AN MA'SHIYATIK WA BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK. 

Arti Bahasa Indonesianya


"Wahai Allah! Yang Maha kaya, Yang Maha Terpuji, Yang Maha Mengadakan, Yang Maha Mengembalikan, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Mengasihi. Berikanlah aku kekayaan dengan barang-Muyang halal, jauh dari barang yang haram, dan dengan berbuat taat kepada-Mu, jauh dari berbuat maksiat, dan dengan anugerah-Mu, jauh dari (meminta) kepada selain-Mu.

Sekian mengenai doa setelah sholat jumat. bacaan diatas adalah bacaan terbaik yang paling afdhol dilakukan setelah mengerjakan sholat jumat sesuai petunjuk para ulama salafunasholeh. wirid yang dibaca juga merupakan surat surat pendek yang sudah tentu umat islam hafal diluar kepala, sehingga tidak ada alasan lagi kita tidak membacanya mengingat keutamaan dan manfaat kita memacanya sangat besar dan tak terhitung. semoga kita istiqomah mengamalkannya seusai mengerjakan ibadah sholat jumat. amiin.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

Posting Komentar

Artikel Pilihan