Nama-Nama Istri Nabi Muhammad SAW Beserta Profil Singkatnya

Nama-nama istri nabi Muhammad SAW - Nabi Muhammad SAW adalah makhuk paling sempurna di dunia, makhluk paling bagus akhlak dan budi pekertinya, ialah utusan dan kekasih Allah SWT. Ia maksum terbebas dan dijaga dari segala dosa. Intinya dalam segala hal Nabi Muhammad SAW lah yang terbaik dan tidak sebanding dengan siapapun. Kepadanya lah kelak kita memohon syafat agar diberi jalan untuk masuk dalam syurga.

Wajib bagi kita meniru, meneladani, mengenal dan mencintai Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah dengan mengenali keluarga beliau terutama nama istri Rasulullah SAW yang merupakan ummul mukminin atau ibu dari orang orang beriman. Mereka semua adalah wanita wanita mulia penghuni syurga dan panutan bagi kita.

Istri Rasulullah SAW sendiri berjumlah 11 yang kesemuanya adalah wanita-wanita mulia dan suci serta memiliki kedudukan tinggi didunia dan akhirat kelak. Bahkan hampir kesemua istri Nabi SAW adalah berstatus janda, hanya Aisyah sajalah yang menikah dengan Nabi Muhammad SAW dalam keadaan masih gadis. Kesemua pernikahannya adalah atas takdir Allah SWT dan mengandung banyak hikmah didalamnya.

So, bagi yang belum faham siapa saja perempuan-perempuan yang mendampingi Rasulullah SAW sebagai istrinya. langsung saja berikut ini urutan nama-nama istri Nabi Muhammad SAW lengkap beserta profil dan biografi singkatnya.

(baca juga mukjizat Nabi Muhammad SAW)

Nama Istri Nabi Muhammad SAW

Nama Istri Nabi Muhammad SAW


Berikut merupakan 11 nama-nama istri Nabi Muhammad SAW lengkap beserta profil singkatnya sesuai urutan dari yang pertama sampai yang terakhir.

1. Khadijah binti Khuwailid r.a. 


Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai.adalah istri pertama Rasulullah SAW. Khadijah menikah dengan Rasulullah SAW pada saat ia berusia 40 tahun dan berstatus sebagai janda sedangkan Nabi Muhammad SAW pada saat itu berusia 25 tahun. Melalui perikahannya dengan Khadijah ini dikarunai 6 orang anak, yaitu Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqaiah,Ummi Kultsum, dan Fatimah.

2. Saudah binti Zum’ah r.a. 


Saudah binti Zam'ah bin Qais bin Abdul Wad adalah istri kedua yang dinikahi oleh Nabi Muhammad SAW setelah Khadijah. Ketika menikah dengan Rasulullah SAW status Saudah binti Zum’ah juga merupakan seorang janda.

3. Aisyah binti Abu Bakar r.a.


Aisyah adalah istri ketiga Rasulullah SAW. Ia adalah putri dari Abu Bakar (khalifah pertama) yang juga sekaligus sahabat dekat Rasulullah, hasil dari pernikahan dengan isteri keduanya yaitu Ummi Ruman yang telah melahirkan Abd al Rahman dan Aisyah.

4. Hafshah binti Umar bin Khaththab r.a.


Hafshah binti Umar bin Khaththab bin Naf’al bin Abdul-Uzza adalah istri keempat Nabi Muhammad SAW. Ia adalah anak dari Umar bin Khattab yang merupakan khalifah ketiga sekaligus sahabat dekat Rasulullah SAW.

5. Zainab binti Khuzaimah r.a.


Zainab binti Khuzaimah bin Haris bin Abdillah bin Amru adalah istri ke-5 Nabi Muhammad SAW. Ia adalah istri Rasulullah SAW kedua yang wafat setelah Khadijah r.a. Untuk memuliakan dan mengagungkannya, Rasulullah mengurus mayat Zainab dengan tangan dia sendiri. Statusnya janda ketika menikah dengan Nabi SAW.

6. Ummu Salamah r.a.


Hindun bintu Abi Umayyah bin Al-Mughirah bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Makhzum bin Yaqzhah bin Murrah Al-Qurasyiyyah Al-Makhzumiyyah radhiyallahu ‘anha atau yang lebih dikenal dengan kunyahnya, Ummu Salamah merupakan istri ke-6 Nabi Muhammad. Statusnya janda ketika menikah dengan Nabi Muhammad SAW.

7. Zainab binti Jahsy r.a. 


Istri ke-7 yang dinikahi Nabi SAW adalah Zainab binti Jahsy bin Ri’ab bin Ya’mar bin Sharah bin Murrah bin Kabir bin Gham bin Dauran bin Asad bin Khuzaimah. Statusnya juga janda saat menikah dengan Nabi Muhammad SAW.

8. Juwairiyah binti al-Harits r.a.


Istri Rasulullah SAW selanjutnya adalah Juwairiyah binti al-Harits bin Dharar bin Habib bin 'A`idz bin Malik bin al-Mushthaliq bin Sa'id bin 'Amru bin Rabi'ah bin Haritsah bin Khuza'ah. Ia meninggal di kota Madinah.

9. Ummu Habibah r.a. 


Istri selanjutnya adalah Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan Al-Qurasyiyyah. Ia adalah putri pembesar suku quraisy Abu Sufyan. Ia berada disamping suami tercinta hingga Rasulullah SAW wafat. Statusnya saat menikah dengan Rasulullah SAW juga janda.

10. Shafiyyah binti Huyay al-Hilaliyah r.a.


Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab bin Sa’yah bin Amir bin Ubaid bin Kaab bin al-Khazraj bin Habib bin Nadhir bin al-Kham bin Yakhurn adalah isti ke-11 Nabi Muhammad SAW dari Bani Nadhir. Statusnya janda saat menikah dengan Nabi Muhammad SAW.

11. Maimunah binti Harits al-Hilaliyah r.a.


Maimunah binti Al Harits bin Huzm bin Ruwajibah bin Abdillah bin Hilal ‘Amir bin Sha’Sha’ah al Hilaliyah adalah istri ke-11 dan yang terkahir Rasulullah SAW. Ia juga berstatus janda ketika menikah dengan Rasul SAW

Sekian mengenai daftar nama nama istri Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang ahlul bait dan keluarga Rasulullah SAW. Sudah sepatutnya kita hafal dan mengerti akan sejarah mereka para ummahatul mukminin. Wallahu a'lam.

2 Komentar untuk "Nama-Nama Istri Nabi Muhammad SAW Beserta Profil Singkatnya"

  1. جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء

    BalasHapus
  2. kenapa tidak ada mariyah al qibtiyaah yang melahirkan sayid ibrahim yang meninggal saat kecil

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel