Bacaan Doa Berbuka Puasa Sunnah Senin Kamis

Fiqih Islam - Salah satu puasa sunnah yang paling umum dikerjakan umat islam di seluruh dunia adalah puasa senin kamis. berpuasa pada hari senin dan kamis sendiri punya banyak manfaat dan khasiat yang besar. ini adalah amalan yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW, ini dikarenakan banyak sekali keutamaan yang dimiliki oleh kedua hari tersebut yakni hari senin dan kamis. salah satunya sebagaimana tertuang dalam hadist berikut ini . . .

وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ

Artinya :

Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : "Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa" (HR Turmudzi)

Untuk melengkapi dan menyempurnakan puasa senin kamis, kita tentu dianjurkan untuk melaksanakan sunnah sunnahnya salah satunya dengan membaca doa sebelum berbuka puasa atau sesaat sebelum menyantap makanan pada saat masuk waktu maghrib. doanya tidak lah panjang dan insyaallah mudah dihafal untuk selanjutnya diamalkan sebagai penyempurna ibadah puasa kita.

Baca Juga : Niat Shalat Fajar

Berikut ini lafadz dan bacaan doa buka puasa sunnah senin dan kamis dalam teks/tulisan arab dan latin lengkap beserta arti/terjemahan bahasa indonesianya . . .

Bacaan Doa Berbuka Puasa Sunnah Senin Kamis

Bacaan Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Doa Berbuka Versi Tulisan Arab dan Latin


اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.

Terjemahan Bahasa Indonesianya


Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

Melihat besarnya fadhilah yang kita dapat dari berpuasa senin kamis, maka kita memohon agar selalu dimudahkan dalam menjalankannya secara sempurna termasuk mengamalkan sunnah sunnah didalamnya terutama selalu membaca doa sesaat sebelum berbuka. wallahu a'lam.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

1 Reply so far - Add your comment

Artikel Pilihan