20 Macam Dosa Besar Dalam Islam

Dosa Dosa Besar - Selain mengerjakan segala yang diperintahkan ALLAH SWT, kita juga wajib meninggalkan semua yang dilarang olehnya. jadi sembari kita mengerjakan ibadah dan amal saleh, juga harus dibarengi dengan meninggalkan dan menjauhi segala hal maksiat yang berbuah dosa. karena ibadah seolah sia sia jika dosa terus kita lakukan setiap harinya.

Mengenai tingkatan tingkatan dosa, para ulama mengelompokkannya menjadi dua kelompok, yaitu AlKaba'ir dan Ashagha'ir, yaitu dosa dosa besar dan dosa dosa kecil. kita manusia memang tak pernah lupt dari yang namanya kesalahan, sudah pasti kita tidak terhindar dari dosa kecuali para Nabi yang memang ma'sum. dosa dosa kecil mungkin sering kita lakukan setiap harinya bahkan tanpa kita sadari. sedangkan untuk dosa besar, kita harus benar benar memiliki keimanan yang mantap untuk benar benar bisa menjauhinya dengan sepenuh hati karena ancaman dan siksaannya sangat pedih dan ALLAH SWT murka terhadap pelakunya.

Meski begitu, ketahuilah saudaraku, bahwa rahmat dan kasih sayang ALLAH SWT itu amat luas, siapapun orangnya jika bertobat dengan sungguh sungguh dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya, maka percayalah ALLAH SWT akan mengampuninya sekalipun ia datang dengan membawa dosa seberat gunung. maka dari itu janganlah sekali kali berputus asa terhadap rahmat ALLAH SWT. ALLAH SWT adalah tuhan yang maha pengampun lagi maha penyayang.

Nah, berbicara tentang dosa dosa besar. kali ini muslim fiqih akan membahas mengenai perbuatan apa yang termasuk kedalam dosa besar dan wajib hukumnya untuk kita hindari selama kita hidup di dunia agar kelak kita selamat di akhirat. berikut ini daftar 20 macam dan jenis dosa besar dalam agama islam . . .

Dosa Besar Dalam Islam

20 Macam Dosa Besar Dalam Islam :

1. Syirik


Syirik atau perbuatan menyekutukan ALLAH SWT sudah jelas merupakan perbuatan dosa yang mutlak dan termasuk dalam dosa besar karena kita seolah tidak meyakini kebesaran dan keagungan ALLAH SWT serta menggantikannya dengan makhluk lain. contoh perbuatan syirik seperti mendatangi dukun dan tindakan sejenisnya.

2. Meninggalkan Shalat


Meninggalkan sholat wajib 5 waktu dengan sengaja dan tanpa udzur jelas merupakan dosa besar. hal ini terkadang disepelekan oleh umat islam, padahal hukum shlat adalah wajib dan merupakan tiang agama. jika shalatnya bagus, insyaallah hal lainnya pun ikut menjadi baik pula. seseorang yang meninggalkan shalat sekali, maka namanya dicatat di pintu neraka.

3. Zina


Zina sangat dilarang keras dalam islam, bahkan mendekati zina saja diharamkan dan dilarang. banyak sekali dalil yang menyatakan bagaimana besarnya dosa seseorang yang berzina. maka dari itu jika kita cukup matang dan mampu secara ekonomi, maka janganlah menunda lagi pernikahan.

4. Durhaka Kepada Orang Tua


Patuh dan taat kepada perintah orang tua adalah wajib karena merupakan perintah ALLAH SWT. bahkan keridhoan ALLAH SWT terletak pada ridho kedua orang tua. tidak ada seseorang pun yang lebih berhak atas diri kita setelah ALLAH SWT melainkan orang tua kita. jadi janganlah kita durhaka kepada kedua orang tua kita dalam bentuk apapun misalnya membentaknya, marah kepadanya dan tidak menuruti perintahnya selama itu merupakan hal yang baik.

5. Membunuh Orang


Berbuat aniaya adalah perbuatan tercela apalagi membunuh dan mengambil nyama seseorang tanpa alasan yang dibenarkan sesuai syariat agama islam jelas merupakan dosa besar. contoh umum mungkin seorang pembunuh yang melakukan aksinya saat sedang merampok.

6. Riba


Riba berarti menetapkan bunga/melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok, yang dibebankan kepada peminjam. praktek semacam ini diharamkan oleh islam dan diganjar dengan dosa yang sangat besar bagai pelakunya.

7. Berbuat Liwath


Liwath adalah hubungan antar sesama jenis antar laki laki dengan laki laki. perbuatan liwath dilarang keras menurut islam dan termasuk dosa besar sesuai kesepakatan para ulama.

8. Kesaksian Palsu


Memberikan kesaksian palsu termasuk dosa yang besar, hal ini mencakup berbohong didepan umum, menuduh seseorang berbuat maksiat semisal menuduh orang berzina dan hal hal sejenisnya.

9. Putus Asa Dari Rahmat ALLAH SWT


Berputus asa dari rahmat ALLAH SWT seolah tidak percaya dengan kebesaran ALLAH SWT, padahal rahmat ALLAH SWT sangat luas dan tak terbatas. perilaku dan prasangka seperti ini tidak diperbolehkan dan termasuk dosa besar.

10. Merasa Aman Dari Tipuan dan Azab ALLAH SWT


Begitu pula seorang yang merasa bahwa dirinya aman dan tidak akan tersentuh oleh adzab dari ALLAH SWT. ini jelas pemikiran yang sangat salah dan melenceng jauh dari ajara islam yang benar. ALLAH SWT jelas berkuasa penuh atas semua makhluknya dan mampu melakukan apapun sesuai kehendaknya. tidak ada di dunia ini yang aman dan bisa lepas dari adzab dan siksa ALLAH SWT.

11. Judi


Judi yaitu bertaruh dengan uang, hal ini mencakup juga undian, mengadu nasib dan hal hal sejenisnya yang jelas diharamkan oleh agama islam.

12. Miras dan Narkoba


Meminum arak dan minuman apapun sejenisnya yang mengandung alkohol dan memabukkan adalah perkara haram termasuk pula mengkonsumsi narkoba dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya dengan tujuan mabuk dan menghilankan akalnya.

13. Meninggalkan Puasa Ramadhan dan Tidak Membayar Zakat


Puasa ramadhan wajib hukumnya sebagai mana shalat 5 waktu dan masuk dalam rukun islam, begitu pula halnya dengan zakat. jadi jelas bahwa meninggalkan dan tidak berpuasa di siang hari bulan ramadhan dan tidak membayar zakat fitrah adalah dosa.

14. Mengambil Harta Anak Yatim


Anak yatim atau anak yang ayahnya telah meninggal memiliki banyak kemualiaan. merampas dan mengambil harta miliknya adalah perbuatan keji dan dosa besar bagi pelakunya.

15. Memukul Seorang Muslim Atau Kafir Dzimmi


Tidak hanya membunuh, memukul dan menganiaya seseorang baik itu muslim atau pun kafir dzimmi (kafir yang baik dan tidak mengganggu) tanpa sebab yang jelas termasuk juga dosa besar yang dilarang dalam islam.

16. Ghibah


Ghibah adalah praktek membicarakan keburukan orang lain termasuk menggosip dan sejenisnya. perbuatan ini terkadang tanpa sadar kita lakukan dan merupakan hal wajar dan biasa bagi kebanyakan masyarakat. islam melarang keras perbuatan ghibah ini dan jelas termasuk dosa yang sangat besar.

17. Adu Domba


Adu domba jelas merupakan perbuatan keji. mengadu domba seseorang agar bertengkar dan hal semisalnya adalah dosa besar dan ALLAH SWT murka atas pelakunya.

18. Harta dan Rizki Haram


Mencari nafkah hendaknya diperhatikan pula halal atau haramnya. seseorang yang bekerja dan mencari rizki namun dengan cara haram, maka haram pula rizki yang ia dapat. contoh rizki haram semisal harta yang didapat dengan cara riba atau menipu dengan mengurangi timbangan misalnya.

19. Memutus Silaturrahmi


Jika menyambung silaturrahmi bisa memperpanjang umur dan mendapat pahala, maka sebaliknya dengan memutus silaturrahmi, pelakunya akan mendapat dosa besar, apalgi jika memutus silaturrahmi dengan kerabat atau keluarga misalnya.

20. Tidak Melaksanakan Amar Ma'ruf Nahi Munkar


Allah SWT menganjurkan setiap umat muslim untuk senantiasa mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran dengan cara terbaik dan semaksimal mungkin sesuai kemampuan yang ia miliki. tidak peduli dengan prinsip ini termasuk juga dalam dosa besar menurut agama islam.

Sekian tentang dosa dosa besar yang harus kita tinggalkan. jika anda sudah terlanjur terjerumus dan melakukan satu diantara dosa dosa diatas, maka segeralah bertobat dengan dengan taubatan nasuha, insyaallah ALLAH SWT akan mengampuni seluruh dosa anda dan membimbing anda ke jalan yang diridhoinya. wallahu a'lam.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

Poskan Komentar

Artikel Pilihan